1 February 2013

Membuat Blog Menjadi Toko Online Part 1

ads


Membuat blog toko online di sini maksudnya adalah membuat blog sebagai toko online. Langkah ini tentu sangat umum Anda temukan di dunia maya, meski pada dasarnya, pihak berwenang (baca: blogspot.com, wordpress.com, atau multiply.com) tidak menyarankan penjualan produk melalui content di dalam akun free-blog yang mereka tawarkan. Blog sendiri pada mulanya ditujukan sebagai wahana sharing berupa tulisan atau unek-unek lain antara sesama penulis, namun perkembangan kekinian membuat blog juga berfungsi sebagai media penjualan online atau yang sering disebut sebagai web-commerce.
Selanjutnya, karena tidak ada istilah “blog-commerce”, penjualan dan segala transaksi yang terjadi di dalam blog, menjadi tanggung jawab sepenuhnya pemilik akun. Namun Anda yang membaca artikel ini tentu sudah siap bertanggungjawab untuk menjual produk secara online, dan akan menggunakan segala macam cara untuk menawarkan produk Anda pada pembeli, atau dengan kata lain membuat blog toko online.
Baiklah, jadi untuk mulai membuat blog toko online, Anda tidak perlu mengerti dasar-dasar HTML sekalipun. Ini sebuah keuntungan membuat blog, karena template sudah disediakan pengembang. Kalaupun kurang suka, Anda bisa mencari free-template yang bertebaran di berbagai sumber lain. Hanya saja, harus mencari sendiri dukungan e-commerce (atau yang lebih sering disebut shopping cart) untuk diintegrasikan ke ketika membuat blog toko online tersebut.

Membandingkan Layanan Blog Gratis

Sebelum membahas website dan software e-commerce, membuat blog toko online tentu harus dimulai dari memilih blog mana yang paling memungkinkan untuk Anda kuasai. Ada puluhan, ratusan, atau mungkin ratusan ribu blog gratis yang tersebar di internet, dengan berbagai tawaran menarik. Namun secara umum, blogger Indonesia mengenal Blogger.com (atau blogspot.com), Wordpress.com, dan Multiply.com. Ketiga blog ini dikembangkan secara berbeda oleh masing-masing perusahaan, dan memiliki kelebihan berbeda pula.

1.Blogger.com

Blogger.com adalah layanan yang diberikan Google dengan kelebihan bahasa HTML yang “disamarkan” lewat preface atau tampilan WYSIWYG (what you see is what you get), atau dalam bahasa sederhananya, tampilan yang sangat mudah layaknya mengetik di Microsoft Word. Pemilik akun di sini mulanya dapat memiliki akun Google AdSense, sehingga Anda dengan mudah menjadi advertiser. Namun belakangan fitur “kebebasan” ini dihapus oleh Google.
Kelebihan lainnya, Blogger.com memungkinkan Anda memiliki lebih dari satu blog, selain mendukung bahasa Indonesia. Praktis, menguji-coba membuat blog toko online jadi lebih mudah di Blogger.com, dan pada kenyataannya, pengguna Blogger memang lebih tinggi ketimbang pengguna blog gratis lain.
Untuk membuat blog toko online, Anda hanya memerlukan script e-commerce yang bisa dicomot dari website lain, dan mengcopy-paste ke salah satu bagian blog sesuai keinginan. Jadi dalam beberapa langkah saja, Anda sudah dapat membuat blog toko online.

2.WordPress.com

Sedang WordPress.com menawarkan fitur yang lebih unggul dari segi indexing search engine. Khususnya bagi pengguna blog menengah, ketersediaan field keyword sangat membantu artikel atau content blog dengan cepat menaiki tangga peringkat menuju halaman pertama Google. Form komentar pengunjung pun dapat dimodifikasi dengan lebih baik, meski tampilan standar pun sudah terbilang baik bagi pemula.
Ketika membuat blog toko online di WordPress.com, Anda juga dimungkinkan memasang (menginstalasi) script HTML e-commerce dengan lebih mudah. Bahkan belakangan sudah tersedia beberapa pendukung e-commerce yang dapat diintegrasikan dengan mudah dan cepat. Tampilan akhir sendiri lebih rapi dan terkesan lebih profesional ketimbang Blogger.com, selain karena pengguna mayoritasnya sudah lebih dulu mengenal Blogger yang lebih mudah.

3.Multiply.com

Namun bagi Anda yang cukup yakin calon pembaca blog memiliki akses internet yang baik, Multiply.com adalah blog yang dapat diandalkan ketimbang dua blog sebelumnya. Dengan berbagai fitur menarik seperti terpantaunya user lain melalui inbox, peluang untuk saling mengomentari isi blog menjadi lebih terbuka. Ini sebuah dasar yang baik untuk membuat blog toko online, karena content blog Anda lebih mudah dibaca pengunjung meski mereka belum singgah ke laman blog Anda.
Fitur komentar di Multiply.com sendiri dapat dilakukan secara real-time (seperti chatting), sehingga Anda dapat membuat toko online yang kredibilitasnya terjaga. Fitur ini sendiri masih menjadi unggulan Multiply.com, karena masih sedikit developer blog yang mampu melakukannya. Hanya dengan menambahkan script tertentu ke laman Blogger dan WordPress, barulah Anda dapat berinteraksi secara langsung seperti yang dilakukan Multiply.com
Selain ketiga blog “asing” ini, belakangan netter Indonesia juga membangun blog di website-website lokal yang cukup marak dikunjungi dan memiliki banyak member. Ada beberapa blog yang dimaksud di sini, seperti blog Indosiar.com, blog Astaga.com, blog Detik.com, blog Boleh.net, dll. Kami sarankan Anda juga mencoba beberapa fitur yang disediakan, sebelum memilih blog yang paling tepat mewakili keinginan dan kesiapan Anda membuat blog toko online.
Nah, bagi Anda yang belum mencoba menggunakan blog, ada baiknya Anda mulai mencoba lebih dahulu membangun tampilan blog sesuai fitur dan tampilan yang paling diinginkan. Setelah mengujicoba, Anda dapat melanjutkan pengaturan membuat blog toko online pada pembahasan selanjutnya.
Selamat mencoba!
image source: ardi93.co.cc
link source

Membuat Blog Menjadi Toko Online Part 1 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kreasi

4 komentar

nambah pahala juga kayanya kalo punya blog, bener gak??

tergntung content blog jga bro,... bkin maksiat to dll,...

dari yang gratisan bisa dapet duit.. why not. bener gak nih ? :)

it's true, yg pnting usaha n kerja kras, pastinya sob,

 

Top