29 December 2012

Inheritance Pada PHP

ads

Inheritance adalah turunan atau pewarisan suatu class ke class baru dengan mewakili semua function yang ada di class utama (parent class). Inheritance sering sekali digunakan di dalam promgraman berorientasi objek atau OOP. Dengan kata lain, class utama (parent class) dengan classes turunannya berhubungan satu sama lain.
Jika kamu melakukan pemrograman php berbasis MVC (Model – View – Controller) yang sering dijumpai di framework seperti Code Igniter (CI), Yii, Panada, Zend Framework dan lain-lain, pasti kamu melakukan inheritance dari class core framework atau aplikasi tersebut. Semisal membuat controller, pasti menggunakan syntax: “class Kelasmu extends Controller” dan sebagainya.

Inheritance pada pemrograman PHP

Lalu bagaimana penggunaan inheritance itu? Saya berikan contoh berikut:
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
<?php
class Utama{
function cetak_nama()
{
echo 'Nama saya Roes Wibowo.<br/>';
}
}
class Turunan extends Utama{
function cetak()
{
$this->cetak_nama();
}
}
$coba = new Utama;
$coba -> cetak_nama();
$coba = new Turunan;
$coba -> cetak();
?>
Dari contoh di atas bisa kita lihat bagaimana dengan mencetak output “Nama saya Roes Wibowo.<br/>” dengan function cetak dari class Turunan. Yang mana, di dalam class Turunan melakukan function yang ada di class Utama. Di dalam class Turunan (inherited class), kita bisa memproses function yang ada di dalam class Utama (parent class). Itu salah satu kelebihan pemrograman OOP dengan menggunakan inheritance (turunan atau pewarisan), lebih mudah melakukan perubahan function dari class utama untuk mengganti function global di class turunannya. Oke, itu tadi penjelasan singkat dan padat tentanginheritance php berorientasi objek.

Inheritance Pada PHP Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kreasi

 

Top