1 February 2013

Pengertian Freelance

ads

Apakah pengertian freelance? Secara definitif belum ada kesepakatan resmi tentang hal ini. Saya ambil saja penjelasan yang bisa diterima secara umum, yaitu dari Wikipedia. Menurut Wikipedia, freelance (pekerja lepas) adalah seseorang yang bekerja sendiri dan tidak berkomitmen kepada majikan dalam jangka panjang tertentu.

Bidang Pekerjaan Freelance

Freelance bergerak dalam banyak bidang jasa. Diantaranya adalah programer komputer, web design, desain grafis, penterjemah, jurnalisme, penulisan artikel, konsultan keungan, penerbitan buku, redaktur cetak dan lain-lain. Sebagian bekerja secara offline, sedangkan yang lain secara online. Nah, dalam artikel-artikel ke depan, saya membatasi pembahasan khusus untuk freelance online.

Freelance Bekerja Sendiri Atau Berkelompok

Freelance memang identik dengan kata bekerja sendiri. Orang menganggap semua hal mampu dilakukan sendiri. Cari proyek sendiri, bekerja sendiri, hasilnya pun dinikmati sendiri. Padahal tidak selalu demikian. Bukan hal yang aneh kalau terdapat sekelompok freelancer yang bergabung menjadi satu dalam sebuah provider dan melayani aneka jenis jasa.

Perjanjian Kerjasama Freelance

Meski tidak terikat untuk bekerja pada orang lain, freelance mempunyai kesepakatan tertulis yang mengatur hak dan kewajiban yang berkenaan dengan sebuah proyek, terutama proyek besar yang melibatkan masyarakat atau instansi Pemerintah. Sementara untuk sebagian freelance online lebih sering membuat kesepakatan lisan atau bahkan lewat chatting YM. Prinsipnya adalah kepercayaan, asal klien dan freelance bisa saling percaya, umumnya proyek bisa langsung dieksekusi.

Sistem Pembayaran Freelance

Cara pembayaran freelance berbeda-beda tergantung kesepakatan awal dengan klien. Ada yang dihitung per jam, per hari, per halaman, ataupun per proyek yang sedang dikerjakan. Sistem pembayaran pun bervariasi. Bisa full di depan, DP 50 persen atau dibayar hingga proyek selesai. Mata uang yang digunakan selain Rupiah adalah US Dollar dan Paypal. So, freelance wajib hukumnya punya akun Paypal.

Karena hasil pekerjaan freelance berhubungan dengan hak kekayaan intelektual, seringkali karya mereka tidak dihitung dengan uang, melainkan seberapa besar manfaat yang diciptakan. Misalkan freelancer bidang marketing, kalau bisa menjualkan 50 unit apartemen dalam jangka waktu tertentu maka akan mendapat 1 apartemen gratis.

Sumber

Pengertian Freelance Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kreasi

3 komentar

Untung aku baca ini, jadi tahu apa itu freeline!

Mantap nih postingannya bos!

 

Top