3 April 2013

10 Situs Penyedia Resource PHP

ads

Salah satu keuntungan dari PHP adalah pengembangnya bersedia membagi dan mempublikasikan kode sumber (source) PHP. Beberapa code library yang dibuat oleh programmer-programmer PHP banyak tersedia secara online di internet, tentunya dapat didownload secara gratis. Aplikasi apapun yang Anda butuhkan, Anda bisa dipastikan dapat menemukannya di internet. Anda tinggal melakukan perubahan sedikit saja.
Sepuluh situs penyedia source (code library) PHP akan disajikan dalam artikel ini.
SourceForge.Net merupakan penyedia repository dan aplikasi open source terbesar di internet. Anda dapat menemukan semua software yang Anda butuhkan di sini. Pada saat artikel ini dibuat, sudah terdapat 130.155 project yang terdaftar dengan lebih dari 1 juta anggota. Beberapa project yang tersedia di SourceForge.Net merupakan project aplikasi yang cukup besar dan Anda bisa dapatkan secara gratis. Misalnya saja PHPMyAdmin yang merupakan software populer untuk management database MySQL berbasis PHP.
WeberDev merupakan salah satu penyedia resource paling menyeluruh bagi programmer PHP. Pertama kali dibangun pada tahun 1998 sebagai situs penyedia contoh-contoh program PHP, namun situs ini kemudian berkembang pesat dengan menyediakan program aplikasi yang lebih kompleks juga. WeberDev memiliki lebih ribuan contoh dalam kategori utama PHP, MySQL, Javascript, dan Database. Anda dapat mendownload source tersebut tanpa perlu melakukan login. Namun untuk mengirimkan source baru, Anda harus mendaftar dulu di situs ini. WeberDev juga menyediakan artikel, manual, forum diskusi, coding-contest, template, newsletter, PHP Web Log, dan sebagainya.
PHP Classes merupakan situs yang berisi ribuan class PHP. Saat ini (saat artikel ini dibuat) sudah terdapat 3.401 class (package) yang terdaftar dengan jumlah anggota terdaftar lebih dari 300 ribu. Anda dapat mencari class PHP berdasarkan kategori, nama class dan penulis (pembuat). Beberapa kategori populer yang tersedia di PHP Classes adalah Ajax, Algorithm, Content Management, Databases, File and Folders, Graphics, Time and Date, Web Service, XML dsb. Sebagian besar source (atau semuanya) yang tersedia di situs ini, dibuat dengan konsep object oriented. PHP Classes juga menyediakan review dari buku-buku PHP, newsletter, blog, dan forum diskusi.
Situs Codewalkers menyebut dirinya sebagai “A resources for PHP and SQL developers”. Anda dapat mencari source PHP dalam berbagai kategori di antaranya Content Management, Database Related, Date and Time, Discussion Board, E-mail, File Manipulation, Link Farm, Searching, Site Navigation, User Management. Setiap pengunjung bisa memberikan rating dari setiap code (source) yang tersedia. Situs Codewalkers juga menyediakan forum diskusi, tutorial, review buku dan software.
PHP Builder merupakan website yang menyediakan berbagai resource PHP. Situs ini menyediakan code, script, dan berbagai fungsi yang berguna bagi programmer PHP. Anda bisa mencari berdasarkan beberapa kategori seperti databases, calendar, shopping cart, games, graphics, dan banyak lagi yang lainnya. Selain menyediakan source code PHP, situs ini juga menyajikan berbagai artikel, forum, manual dan berbagai link ke situs-situs populer. Saat artikel ini dibuat, jumlah anggota yang terdaftar di situs PHP Builder sudah mencapai 77.913 anggota.
HotScripts.com merupakan situs yang menyediakan ribuan resource dalam berbagai bahasa pemrograman, seperti PHP, ASP, ASP.NET, Java, Javascript, Phyton, CGI dan Perl, XML, dsb. Pada saat artikel ini ditulis, tersedia 34.513 resource, dimana 12.970 di antaranya merupakan kategori PHP. Hotscripts memiliki anggota terdaftar sebanyak 542.419 anggota.
Website Zend menyediakan menu code-gallery yang berisi berbagai program PHP. Zend merupakan perusahaan yang mengembangkan engine PHP. Untuk mendownload code PHP, Anda tidak perlu login. Kategori kode PHP yang tersedia di situs Zend ini antara lain: algorithm, math, database, date and time, discussion, XML. Selain code program, situs Zend juga menyediakan berbagai artikel menarik berkenaan dengan PHP.
Situs PHP Freaks saat ini menyediakan sekitar 790 PHP Scripts dalam berbagai kategori. Selain scripts PHP, dalam situs ini juga terdapat artikel, code library, tutorial, manual PHP, MySQL dan Apache, dan juga forum diskusi. Komunitas terbesar dari situs ini adalah forum diskusi, dimana saat artikel ini dibuat memiliki 22.538 topik, 98.955 balasan, dan 38.582 anggota forum. Dalam forum diskusi banyak dibahas mengenai PHP dan MySQL
PX : The PHP Exchange Code
http://px.sklar.com
PX merupakan situs penyedia script dan source PHP yang sangat sederhana. Source terbagi dalam beberapa kategori di antaranya algorihtm, databases, file and directories, graphics, networking, dsb.
Free PHP and MySQL Hosting Directory
http://www.oinko.net/freephp
Situs ini menyediakan daftar web hosting yang support PHP. Daftar hosting disertai rating dari user.
*) Diterjemahkan secara bebas dari buku PHP & MySQL Everyday Apps for Dummies, dikurangi dan ditambah di sana sini.

10 Situs Penyedia Resource PHP Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kreasi
 

Top