7 June 2013

Membuat Barcode 182 PHP

ads

Alhamdulillah nih, akhirnya bisa nulis lagi setelah beberapa minggu off bukan karena ga ada ide, tapi emang sibuk sama kerjaan dan ngajar. Oke lah, langsung aja yah. Bahasan kali ini agak sedikit ringan sih (udah sedikit, ringan lagi). Yup, kali ini kita bakal bikin barcode. Tau kan barcode ? Barcode atau kode batang adalah suatu kumpulan data optik yang dibaca mesin (sumber : wikipedia).
Barcode sering kita lihat banyak digunakan di swalayan untuk menentukan harga dan merk sebuah produk. Biasanya sih, barcode itu discan oleh sebuah alat scanner trus muncul deh di layar komputer merk dan harga produk itu. Barcode itu dibagi dua macam, ada barcode 2D dan 3D. Nah, barcode yang saat ini banyak bereder di kemasan produk, umumnya menggunakan barcode 2D.
Ini penampakan barcode 2D :
Dan ini barcode 3D :
Sebenarnya, barcode itu dibagi lagi ke dalam beberapa model, ada barcode 128, barcode 29, TTF dan sebagainya. Di artikel ini, saya hanya bahas pembuatan barcode 128 aja yah.Untuk membuat barcode di dalam website, kita menggunakan sebuah fungsi barcode PHP. Lihat kode php di bawah :
?
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
<?php
include "bar128.php";
?>
<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Transitional//EN" "http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd">
<head>
<meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=utf-8" />
<title>Untitled Document</title>
</head>
<body>
<?php
echo bar128(stripslashes("FIRMANSYAH WEB"));
?>
</body>
</html>
Dari kode di atas ada bagian :
?
1
2
3
<?php
include "bar128.php";
?>
itu artinya memanggil fungsi barcodenya.
kemudian ada bagian :
?
1
2
3
<?php
echo bar128(stripslashes("FIRMANSYAH WEB"));
?>
fungsi striplashes untuk menghilangkan karakter /
Itulah sedikit bahasan membuat barcode, untuk kode lengkapnya silahkan unduh di Link ini.

Sumber

Membuat Barcode 182 PHP Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kreasi

 

Top