25 July 2013

Kalsuim Bagi Tubuh

ads

sumber+kalsium
Kalsium adalah mineral yang paling banyak berada di dalam tubuh manusiaKalsium merupakan sebuah unsure kimia dengan symbol CaKalsium sangat dibutuhkan oleh manusia karena memiliki peran yang sangat penting dalam berbagai hal yang menyangkut system organ dalam tubuh manusia. Pada manusia normal kandungan kalsium mencapai 1,5 sampai 2,2 persen dari berat tubuh atau memiliki berat 700 sampai dengan 1400 g. Sebagian besar kalsium terdapat pada tulang serta gigi dan sisanya tersebar pada seluruh bagian tubuh dalam bentuk larutan. Kalsium tersebar di dalam dan diluar sel serta berperan serta dalam berbagai aktifitas kehidupan.

Fungsi Kalsium

Kalsium memiliki fungsi yang sangat vital di dalam tubuh amnesia. Kalsium memiliki fungsi yang sangat penting dalam proses pertumbuhan manusia, baik itu untuk orang dewasa maupun anak-anak. Kalsium juga memiliki peran sentral dalam pertumbuhan tulang dan gigi serta menjaga agar tulang dan gigi tetap kuat dan tidak mudah keropos. Kalsium merupakan regulator dalam aktifitas kehidupan manusia. Selain berperan besar dalam pembentukan tulang dan gigi, kalsium juga berfungsi untuk mempertahankan struktur normal sel, fungsi penyusutan otot, penghubung antar syaraf, mendukung kinerja jantuns serta membantu proses metabolisme tubuh.

Manfaat kalsium bagi manusia antara lain adalah untuk melancarkan peredaran darah, mengaktifkan syaraf, menormalkan tekanan darah, melenturkan otot, menjaga keseimbangan cairan tubuh, menyeimbangkan tingkat keasaman darah, mencegah osteoporosis, menurunkan resiko kanker usus, mencegah penyakit jantung, membantu mengatasi keluhan pada saat haid dan menopaus, mengatasi kram dan rematik, membantu mineralisasi gigi serta mencegah pendarahan pada akar gigi, meminimalkan penyusutan tulang selama menjalani proses kehamilan, mengatasi kencing manis, mengatasi kulit kering dan pecah-pecah serta meningkatkan gairah seks.

Sumber Kalsium

Alam telah menyediakan berbagai macam makanan yang merupakan sumber kalsium bagi tubuh. Susu merupakan sumber kalsium yang sangat baik bagi tubuh. Susu mampu memenuhi kebutuhan kalsium tubuh setiap hari. Selain susu, beberapa makanan lain yang juga merupakan sumber kalsium antara lain adalah sayuran hijua, ikan, kedelai, jeruk dan kacang almond. Beberapa makanan tersebut adalah sumber kalsiumyang sangat baik selain susu.

Kalsuim Bagi Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kreasi

 

Top