7 October 2012

Android Jelly Bean Ditantang iOS 6

ads



Android Jelly Bean dan iOS 6 sama-sama menawarkan fitur tercanggih dari kedua kubu. Lalu bagaimana jika kedua sistem operasi anyar tersebut saling berhadapan?

Sebagai sistem operasi paling anyar dari Android, wajar rasanya jika Jelly Bean menawarkan fitur terkini yang tidak ada di versi sebelumnya. Tak terlalu banyak memang, oleh sebab itu Google hanya mencantumkan kode Android 4.1 dari yang sebelumnya 4.0.

Meski sedikit, namun fitur baru yang ditawarkan Jelly Bean terbilang layak dilirik. Ada Google Now yang fungsinya seperti asisten digital, perubahan sistem notifikasi sms, dan tingkat responsif yang semakin gegas.

Seakan tak ingin tertinggal dengan Jelly Bean, Apple percaya bahwa iOS 6 jauh lebih baik dari sistem operasi mana pun di kalangan smartphone. Benarkah demikian? 

Adu Interface


Apple dikenal tidak terlalu suka mengotak-atik bagian interface utama di iOS, begitu juga saat menawarkan iOS 6, tidak ada perubahan yang berarti. Tampilannya sama plek dengan iOS 5 untuk iPhone 4S.

Pengguna masih ditawarkan 4 baris -- 5 baris untuk iPhone 5-- untuk menaruh maksimal 4 aplikasi dalam sebaris. Halaman juga masih tidak terbatas berapapun aplikasi, sampai dengan memori di peranti maksimal digunakan. Ini juga termasuk saat ingin merapikan aplikasi ke dalam satu folder.

Perubahan yang tampak justru saat menarik tab layar dari atas ke bawah untuk menampilkan notifikasi. Ya, pusat informasi di iOS 6 kini semakin nyaman di mata.

Hal serupa sepertinya juga terjadi pada Android Jelly Bean di mana tampilannya tak berbeda jauh dengan sistem operasi sebelumnya. Bentuk dan tata letak icon sama, notifikasi juga tidak berubah, Semua masih dikemas dalam bentuk yang lebih minimalis namun tetap fungsional.
Perubahan di Jelly Bean justru terasa pada tingkat responsifnya yang lebih baik, setiap sentuhan direspon begitu cepat, baik saat berada di home screenataupun di dalam menu.

Sedangkan untuk iOS 6 perubahan justru terlihat dengan adanya beberapa informasi tambahan untuk langsung memposting status ke Facebook dan Twitter. Selain itu, running index saham beberapa saham juga ditampilkan jadi satu bersama informasi cuaca dan sejumlah agenda yang terhubungkan. Tinggal geser ke bawah, maka semua informasi itu bisa terlihat dengan mudah.

Perubahan lain yang tedapat pada iOS 6 adalah tampilan App Store yang lebih manis dan ringkas dalam melakukan navigasi. Di App Store, Apple mengubah kategori untuk 'Top Paid' dan 'Top Free' yang sekarang memanjang ke samping.


Terdapat juga Editors Choice yang merupakan aplikasi pilihan App Store yang sedang booming di bagian atas sidebar. Tapi hei, kok sepertinya mirip dengan Google Play Store di Android yah?

Android Jelly Bean Ditantang iOS 6 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kreasi

 

Top