1 February 2013

Melaksanakan Program Afiliasi

ads

Berminat menjalani Affiliate ProgramAffiliate Program adalah salah satu program marketing, program ini bisa juga disebut sebagai hubungan antara pedagang online (perusahaan) dan website lain (afiliasi), dimana perusahaan tadi akan memberikan kompensasi pada afiliasinya untuk setiap tindakan yang dihasilkan.
Jenis tindakan yang dapat diberi kompensasi pun bermacam-macam, tergantung kesepakatan antara pemilik website dengan affiliate marketer (orang – orang yang menjalani bisnis afiliasi, yang akan menjualkan produk-produk dari website tersebut kepada calon pembeli-red).
Seperti pernah dibahas dalam artikel sebelumnya bahwa program afiliasi ada berbagai jenis: Ada affiliate yang diberi kompensasi dari setiap klik (Pay Per Click), ada yang diberi kompensasi dari pendaftar (Pay Per Lead) yang berasal dari link-nya, ada juga affiliate yang diberikan kompensasi jika telah terjadi transaksi (Pay Per Sale) antara pemilik website dan pembeli yang masuk dari link affiliate tersebut.
Saat ini Affiliate Program menjadi salah satu cara yang paling populer dan banyak dilakukan oleh pebisnis online, karena dapat memperluas jaringan pemasaran secara efektif dan efisien. Program ini dapat menjadi pengganti beriklan di media massa yang menghabiskan banyak biaya.
Affiliate Program saat ini tersebar di seluruh dunia dan hampir selalu ada setiap kali Anda membuka sebuah website. Bentuknya bisa berupa satu-dua baris iklan teks atau berupa banner yang menawarkan sesuatu dengan memberi link ke website penjual.
Sebagai contoh, Anda adalah pemilik sebuah website berupa toko online, yang menjual produk seperti software, buku, maupun barang-barang lain dan menawarkan affiliate program. Kemudian orang-orang yang tertarik mendaftarkan diri di website Anda sampai akhirnya mendapatkan affiliate link yang harus dipasang dan dipromosikan di website miliknya.
Affiliate link tersebut berupa direct link yang disertai ID unik dari para affiliate marketer, sehingga tiap affliate marketer memiliki ID yang berbeda. Jika suatu ketika ada seseorang yang berniat membeli sesuatu di website mereka dan dia mengetahui tempat tersebut dengan cara mengklik link sebuah banner yang ada di websitenya, maka affiliate marketer akan mendapatkan kompensasi dari Anda yang besarnya telah disepakati di awal perjanjian.
Namun begitu, Anda harus sadar bahwa dengan affiliate program ini bukan berarti akan menjamin kesuksesan 100% dalam waktu singkat.
Menjalani affiliate program membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk ‘bekerja’ bagi website Anda. Namun yang lebih penting, dengan mengikuti program affiliasi, website Anda akan dapat dikenal lebih luas asalkan memilih affiliate marketer yang tepat.
Dengan begitu, kedua belah pihak (Anda dan affiliate marketer) akan sama-sama mendapatkan keuntungan. Website Anda akan mendapatkan traffic yang tinggi dan berpotensi didatangi lebih banyak pembeli, sementara affiliate marketer akan mendapatkan kompensasi dari usahanya mempromosikan website Anda.

SUMBER

Melaksanakan Program Afiliasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kreasi

 

Top