17 March 2013

Mengenal dan Memahami "NOFOLLOW" atau "DOFOLLOW"

ads

Bagi sebagian blogger pemula yang belum pernah di Dunia SEO sebelumnya, mungkin pernah mendapatkan literatur, orang menyebut "nofollow" dan "dofollow" link.  Ini adalah istilah yang sangat penting untuk dipahami ketika Anda mencoba untuk membangun back link berkualitas yang mengarah ke situs atau blog Anda agar mendapatkan peringkat yang baik pada search engine. Tapi, untuk blogger pemula mungkin istilah ini agak membingungkan.

Sebelum lebih jauh membahas masalah ini, saya ingin menjelaskan terlebih dahulu bahwa link adalah koneksi antara dua website atau blog.  Link ini biasanya terletak di dalam Teks atau Gambar, dan Anda cukup menekan icon Add or remove link, pada halaman editor blogger untuk membuat koneksi ini.

Ketika anda membuat link pada halaman Web menggunakan HTML, kode standar untuk link sebagai berikut,

Google Website - Link ini pointing ke http://www.google.com/

Jika kita menganalisis Markup HTML dari link tersebut, kode akan terlihat seperti teks di bawah ini.

<a href="http://www.google.com/" target="_blank">Google Website</a>

Ini adalah Link Normal, sehingga Anda dapat melihat bahwa link hanya koneksi sederhana yang mengarah ke website yang berbeda, sekarang mungkin anda akan bertanya apa yang dimaksud Link "dofollow"..?

Perbedaan antara Link Normal dan Link DoFollow adalah bahwa link dofollow memiliki Markup khusus di dalam tag HTML yang memberitahu Search Engine seperti Google untuk FOLLOW tujuan di dalam link, jika ditulis dalam bentuk kode HTML, maka kode link akan seperti di bawah ini,

<a href="http://www.google.com/" target="_blank" rel="dofollow">Google Website</a>

Sebenarnya Untuk memberitahu spider search engine agar meng-crawl link yang tedapat pada seluruh content blog, Anda tidak perlu melakukan apapun. Cukup menggunakan format standart dengan benar, spider mesin pencari akan menjelajah link yang disediakan, karena pada dasarnya, tidak ada link yang benar-benar "dofollow", itu hanya TIDAK menggunakan tag "nofollow". Cukup sederhana, bukan?  Dengan kata lain, jika Anda ingin membuat link dofollow, anda hanya menambahkan atribut rel dengan nilai dofollow ke dalam kode HTML atau biarkan link tersebut seperti apa adanya.

Sekarang mungkin Anda akan bertanya, "Lantas Apa yang dimaksud link Nofollow?"

Pada saat yang sama ada nilai khusus yang memberitahu Search Engine, agar tidak mengikuti link yang terdapat dalam content blog, jenis link ini yang disebut link "NoFollow", jika ditulis dalam bentuk kode HTML, kode link seperti di bawah ini,

<a href="http://www.google.com/" target="_blank" rel="nofollow">Google Website</a>

Jadi.., jika anda menambahkan tag rel = "nofollow" ke dalam kode HTML sebuah link, maka mesin pencari tidak akan mengikuti link tersebut dan Anda tidak mendapatkan peningkatan peringkat mesin pencari dari link tersebut.

Ada banyak alasan untuk menggunakan tag "nofollow" dalam penulisan sebuah link, diantaranya :
  • Paid Links atau Link berbayar: ini direkomendasikan oleh Google. Pada dasarnya, google tidak menyukai back link yang diperoleh dari hasil jaul-beli link.
  • Pada bagian komentar blog : Terserah Anda, jika Anda ingin pengunjung blog Anda mendapatkan back link dari blog anda ke situs mereka. Ini adalah pilihan pribadi.  Dari sinilah muncul istilah BLOG DOFOLLOWdan BLOG NOFOLLOW
  • Ketika terhubung ke situs yang sangat populer. Jika Anda terhubung ke google.com, yahoo.com, digg.com (halaman depan),  atau apa saja, situs mereka sudah populer, sehingga Anda mungkin perlu menggunakan tag : rel = "nofollow" karena link Anda tidak akan membuat atau menghancurkan Page Rank situs mereka.
Saya berharap tulisan ini berguna bagi anda, dan jika anda telah memahami apa itu DOFOLLOW dan NOFOLLOW .

Semoga Bermanfaat.
Sumber

Mengenal dan Memahami "NOFOLLOW" atau "DOFOLLOW" Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kreasi

6 komentar

numpang baca-baca mas, makasih kunjungan ke blog ku, sukses

iya kok, silahkan,... sama2... sukses jga... gmn'na kiat2 biar nangkring 2 do google

masih coba memahami mas.. seperti cocok dengan bahasa pemulanya nich ..
kadang saya pakai standar, kadang no follow..
boleh tahu apa pengaruhnya dengan blog kita jika banyak link keluar dari blog kita,..
terima kasih.. salam ayo bangkit indonesia

mksh bro,.. kunjung balik lg ya,... pngaruh'y jlas bro,... ping ke blog kita smkin brtmbah, backlink membludak... otmatis statistik mningkat,..

oh, jadi begitu ya gan? akan coba penerapannya. Trim's. Bangkit slalu.??!?

Ok gan kembalik balik gan,..

 

Top