1 February 2013

Cara Kerja Affiliate Marketing

ads

Cara Kerja Affiliate Marketing

Cara kerja affiliate marketing harus dimulai dari kegunaannya lebih dulu. Anda yang memiliki toko online dan sedang menaikkan peluang usaha toko online semakin berkembang, dapat menjadikan affiliate marketing sebagai pendukung kesuksesan bisnis. Bisnis afiliasi, begitu trend belakangan untuk pengertian affiliate marketing, adalah sistem promosi yang membayar marketingnya setelah mencapai tingkat tertentu.
Sehingga Anda yang ingin menggunakan cara kerja affiliate marketing, mestilah menemukan website promosi yang baik. Sedang Anda yang ingin bergabung menjadi publisher (istilah untuk marketing dalam website promosi), haruslah mencari website yang tepat. Kedua kebutuhan ini beberapa tahun terakhir dipertemukan Google lewat program Google AdSense. Namun seiring perkembangan e-commerce di dunia termasuk Indonesia, pengguna AdSense semakin berkurang dan sebagian besar advertiser “hijrah” memilih iklan Facebook. Meski cara kerja affiliate marketing untuk advertiser bisa dikatakan serupa, namun iklan Facebook tidak memberikan keuntungan publikasi bagi publisher.

Cara Kerja Untuk Advertiser dan Marketers

Selanjutnya, cara kerja affiliate marketing adalah dengan menyediakan layanan promosi bagi perusahaan pengiklan yang hendak menyebarkan iklannya di internet. Setiap bentuk promosi memiliki kontrak berbeda-beda, baik menurut lama waktu tayang, harga klik yang ditawarkan, sampai jumlah muatan promosi. Bagi Anda yang menjadi advertiser, dapat mempelajari lebih lanjut sistem yang ditawarkan melalui affiliate website yang Anda inginkan.
Sedang bagi Anda yang tidak memiliki produk dan hendak mempromosikan produk orang lain, Anda dapat mendaftar sebagai marketers atau penyebar iklan. Setiap link yang Anda publikasikan di website Anda sudah disisipi perintah penghitungan, sehingga sistem akan membaca dan menghitung besar komisi yang Anda peroleh ketika seseorang mengklik produk yang dipromosikan. Selanjutnya, Anda akan dibayar melalui transfer rekening melalui bank lokal maupun PayPal (tergantung ketersediaan layanan website promosi tersebut. Cara kerja affiliate marketing memang terlihat rumit. Tapi ini semua tidak seperti kelihatannya. Mari kita lihat lagi…
Apa yang perlu diingat adalah beberapa website promosi membatasi publisher dalam beberapa hal, tergantung kebijakan yang mereka gunakan. Misalnya Google AdSense, belakangan hanya menerima publisher yang menyebarkan link advertiser di domain pertama (bukan subdomain sepergi blog gratis). Kemudian beberapa website promosi Indonesia juga membatasi calon member dengan mewajibkan publisher lebih dulu memiliki setidaknya 1.000 orang pengunjung sebelum mendaftar. Beginilah cara kerja affiliate marketing.
Nah, untuk Anda yang ingin mencoba website promosi sebagai advertiser maupun publisher, Buka Toko Online (BTO) juga menyediakan afiliasi marketing yang menjanjikan. Advertiser dapat menyebarkan promosinya lebih masif ke jaringan BTO, sedang publisher dapat memperoleh pembayaran secara mudah dan cepat jika berhasil mengiklankan produk dari advertiser. Dengan kata lain, cara kerja affiliate marketing di website BTO menjanjikan sistem yang dapat digunakan pengiklan dan penyebar iklan agar sama-sama mendapat keuntungan.
Selamat mencoba ya!
Glossary:
- Marketing = publisher = affiliate marketers = penyebar iklan
- Merchant = advertiser = affiliater merchant = pemasang iklan
- Website promosi = affiliate website = website PPC
image source: benyaditya.com
sumber

Cara Kerja Affiliate Marketing Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kreasi

 

Top