1 February 2013

Tips Membuat Toko Online

ads

Tips Membuat Toko Online: 12 Benar dan Salah

Tips membuat toko online kali ini didasarkan pada banyaknya toko online yang kurang memperhatikan update informasi di luar produk yang ditawarkan. Meski Anda mungkin beranggapan produk yang Anda tawarkan sudah memiliki pasar sendiri, namun pangsa pasar online setiap hari terus bertumbuh. Sehingga jaminan untuk tetap update dalam toko online menjadi keharusan, karena para kompetitor selalu berusaha merebut posisi yang Anda capai saat ini, bahkan tidak segan-segan meninggalkan citra toko online Anda jauh di bawah mereka.
Baiklah. Jadi, apa yang mesti Anda lakukan selanjutnya? Berikut benar dan salah sebagai tips membuat toko online agar tetap dicintai pengunjung tetap dan calon pembeli.

Info Produk

Banyak toko online kurang memperhatikan informasi produk yang mereka tawarkan. Berikut logika benar dan salah yang dapat Anda pelajari.
Salah: produk sudah dikenal, jadi tidak perlu memasukkan banyak foto.
Benar: calon pembeli melihat foto produk sebagai sample, sehingga semakin banyak sample, tingkat kepercayaan mereka semakin tinggi untuk membeli.
Salah: produk sudah dikenal, jadi tidak perlu menambah informasi lain.
Benar: keterangan lengkap produk adalah keharusan, karena calon pembeli terus bertambah setiap hari. Jangan sampai calon pembeli mencari keterangan dari kompetitor.
Salah: agar lebih kompetitif, harga tidak perlu dicantumkan.
Benar: kompetisi toko online adalah persaingan terbuka, jadi berapapun jumlah yang dibanderol, cantumkan harga tersebut sebagai bahan perbandingan informasi.
Salah: produk yang ditawarkan sangat murah, sehingga pasti menarik minat pembeli.
Benar: produk yang dibutuhkan dan harganya murah, akan banyak dicari pembeli.

Keterangan Merchant

Selain info produk, beberapa toko online juga kurang memperhatikan profil perusahaan, atau bahkan tidak tahu menempatkan profil perusahaan dalam website mereka.
Salah: sebaiknya tidak mencantumkan informasi asli, karena rentan penipuan. Atau buat informasi menjadi tidak terlalu jelas, seperti cukup mencantumkan lokasi wilayah.
Benar: alamat perusahaan secara offline harus sesuai dengan alamat asli, karena ikut membangun kepercayaan pada calon konsumen. Namun sebaiknya tidak mencantumkan informasi perusahaan terlalu detil, seperti nomor HP Direktur, nomor telepon rumah, dll.
Salah: semakin luas cakupan bisnis, semakin banyak kemungkinan calon pembeli datang.
Benar: calon pembeli online adalah pembeli yang spesifik, tetapi beragamnya produk yang dapat ditawarkan perusahaan bisa saja menggunakan beberapa toko online yang saling terhubung.
Salah: karena tidak banyak pembeli yang membutuhkan, halaman Disclaimer tidak perlu ada.
Benar: halaman Disclaimer berfungsi sebagai landasan penggunaan toko online oleh pengunjung, selain dapat berguna sebagai landasan logika bekerja seluruh staff.

Kurang User Friendly

Paling akhir yang sering dilupakan pemilik toko online adalah kesiapan webstore menghadapi perkembangan teknologi dan trend pasar.
Salah: tidak perlu grafis yang menarik, karena yang terutama adalah produk yang ditawarkan.
Benar: tampilan toko online Anda menentukan lamanya calon pembeli mencari informasi saat berkunjung. Dengan tampilan yang ringan dan menarik, kepercayaan mereka lebih mudah dibangun.
Salah: jejaring sosial adalah fitur untuk pebisnis mula-mula, jadi tidak perlu mengintegrasikan Facebook atau Twitter ke dalam toko online.
Benar: sebagai bentuk kesiapan menghadapi pasar yang majemuk dan luas, mengenalkan produk melalui jejaring sosial adalah langkah yang efektif dan digunakan banyak kalangan. Bahkan perusahaan sebesar Coca-cola, Nike, hingga Aqua pun menggunakan Facebook.
Salah: karena kompetitor secara online masih sedikit, harga produk bisa dinaikkan setinggi mungkin.
Benar: harga produk harus disesuaikan dengan kemampuan pasar. Bukan tidak mungkin harga pasaran produk di online (justru) lebih rendah ketimbang harga offlinenya.
Salah: tidak perlu membuat promo, karena produk sudah sangat terkenal.
Benar: promo dilakukan untuk menjaring pembeli baru, sambil menjaga loyalitas pembeli lama. Jadi membuat promo secara berkala adalah cara yang tepat.
Salah: tidak perlu membuat toko online dengan sistem yang baik, karena pembeli bisa langsung membeli via telepon dan SMS.
Benar: toko online yang baik adalah website yang mampu mengadopsi fitur-fitur yang memudahkan pembeli melakukan transaksi tanpa harus mengontak pembeli, kecuali mereka masih kurang yakin atau membutuhkan opsi lain.
Nah, semoga beberapa tips membuat toko online di atas dapat membantu Anda mengevaluasi daya jangkau dan kemampuan transaksi penjualan produk yang Anda tawarkan. Selamat menjalankan!
image source: aguspriyono.com
link source

Tips Membuat Toko Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kreasi

 

Top